Minggu, 15 Desember 2013

Ibu Hamil yang Aktif Mampu Mengoptimalkan Kecerdasan Janin

Bagi ibu yang sedang hamil sebaiknya perhatikan latihan fisik selama kehamilan dikarenakan bagi wanita yang aktif dalam melakukan latihan fisik secara teratur selama kehamilan akan mengurangi keluhan kehamilan, memperlancar proses persalinan dan juga mampu meningkatkan perkembangan otak janin. Peneliti yang dilakukan di Kanada, diketahui bayi dari ibu yang teratur melakukan latihan fisik selama kehamilan maka memiliki tingkat kemampuan otak yang lebih baik ketimbang dengan ibu yang jarang melakukan latihan fisik.
Kemampuan otak yang optimal ditandai dengan kematangan dan juga pertumbuhan otak yang lebih cepat. Bahkan dalam penelitian yang sama diketahui latihan fisik yang rutin pada saat kehamilan dapat membantu mengoptimalkan vokabulari dan IQ pada anak hingga berusia lima tahun. Penelitian di Kanada ini dilakukan pada janin hingga menjelang usia persalinan. Ibu yang sedang hamil dibagi menjadi dua kelompok, dimana kelompok A adalah ibu hamil yang melakukan latihan fisik secara rutin dimulai di trimester ke dua kehamilan.
Latihan yang dilakukan selama 20 menit secara teratur seperti berjalan kaki, renang, bersepeda atau senam kehamilan. Sedangkan kelompok kedua adalah ibu hamil yang tidak rutin atau tidak sama sekali melakukan latihan fisik selama kehamilan. Setelah kelahiran bayi, bayi dipakaikan topi kecil yang mengandung elektroda untuk memantau aktivitas fisiknya ketika diberikan suara yang lembut dengan intensitas yang rendah di selingi dengan lebih keras untuk mengetahui aktivitas di otak bayi.
Sehingga kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa pentingnya menjaga pola hidup yang sehat untuk membantu dalam meningkatkan kecerdasan bayi. Latihan fisik diduga dapat membantu meningkatkan suplai oksigen pada janin selain itu juga dapat meningkatkan produksi protein yang mendorong dalam kemampuan otak. Kesimpulan dari penelitian yang terdahulu juga mendukung bahwa detak jantung janin akan meningkatkan ketika ibu aktif melakukan latihan fisik. Sehingga para ilmuwan mempercayai manfaat dari ibu yang aktif selama kehamilan akan membantu bayi lahir dengan sistem kardiovaskular yang kuat dibanding dengan ibu yang tidak aktif bergerak.
Meskipun ibu hamil yang aktif fisik selama kehamilan akan menunjang dalam perkembangan otak akan tetapi yang harus anda ketahui bahwa tidak selamanya kondisi fisik anda mendukung untuk aktif, beberapa kondisi seperti mengalami gangguan kesehatan sehingga menuntut ibu hamil untuk tidak terlalu banyak melakukan kegiatan. Hal ini yang penting sekiranya untuk anda perhatikan, kesehatan anda adalah modal utama dalam menjalani kehamilan, pemeriksaan sebelum hamil adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko keluhan dan masalah kehamilan. Anda juga tidak perlu khawatir , untuk dapat mengoptimalkan kecerdasan janin anda dengan cara melakukan latihan fisik yang aman dan khusus untuk ibu hamil seperti senam, pilates atau yoga.

Berikut adalah cara yang terbaik melakukan latihan fisik bagi ibu hamil untuk mengoptimalkan pertumbuhan otak janin :

1.    Berjalan santai
Anda dapat melakukannya selama 30 menit sehari. Lakukan di pagi hari untuk memberikan udara yang segar bagi pernafan. Melakukan jalan santai selama kehamilan juga akan membantu menjaga tubuh yang sehat meskipun aktif latihan fisik.
2.  Latihan panggul
Latihan panggul salah satu latihan fisik yang memberikan manfaat untuk mendukung persalinan yang berhubungan dengan otot otot internal.
3.  Menari
Dengan menari akan membantu gerakan yang menyenangkan dan membuat anda lebih aktif dan mengoptimalkan kemampuan otak janin selain itu juga membantu fleksibilitas otot.
4.  Pilates
Pilates adalah salah satu olahraga yang baik dilakukan oleh ibu hamil. Meskipun lembut ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan ini.
5.  Berenang
Berenang dapat membuat janin anda untuk dapat bergerak aktif sehingga dianjurkan bagi ibu hamil. Pastikan kehamilan anda tidak mengalami masalah.
6.  Senam Hamil
Anda dapat melakukannya dengan mengikuti kelas khusus untuk ibu hamil yang dibantu dengan pelatih khusus. Sedangkan bagi anda yang tidak memiliki waktu yang banyak anda dapat melakukan senam hamil melalui video di rumah anda.
Dengan demikian wanita yang aktif dalam melakukan latihan fisik semasa kehamilan adalah salah satu cara sederhana yang tidak mahal untuk dapat dilakukan oleh ibu hamil dalam membekali anak sejak dini. Penelitian juga senantiasa mengingatkan bahwa melatih fisik selama kehamilan tidak hanya akan baik untuk anak melainkan untuk ibu selama kehamilan. Dalam menjaga kebugaran ibu hamil dan juga mempersiapkan persalinan dan pemulihan pasca persalinan dengan cepat.Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang menemukan adanya penyembuhan yang cepat setelah melakukan persalinan dan mengurangi resiko obesitas dikarenakan rajin melakukan latihan fisik selama kehamilan secara teratur.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar